Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

Visi Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

Menjadikan Program studi yang unggul berbudaya diminati oleh masyarakat, menghasilkan tenaga pendidik PKn yang memiliki integritas, karakter, dan komitmen terhadap Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, NKRI,  mampu menjadi rujukan dalam pengembangan keilmuan, pendidikan dan teknologi.

 

Misi Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

Menghasilkan tenaga pendidik yang professional serta berbudaya mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada peserta didik dalam lingkup ilmu pengetahuan kependidikan yang membidangi masalah moralitas, hukum serta bidang-bidang ilmu kemasyarakatan.

 

Prodi PPKn STKIP PGRI Trenggalek senantiasa berusaha mengimplementasikan unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam kehidupan akademik yang tertuang sebagai berikut :

1. Pendidikan

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran untuk menyiapkan peserta didik agar memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, professional dan sosial guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan dasar-dasar keilmuan dalam lingkup PPKn secara berkelanjutan dengan bertumpu pada dasar-dasar ilmu hukum, sosial politik, budaya, moral, dan kependidikan.
  3. Penerapan dan pengembangan yang mengarah pada pendidikan karakter bangsa yang memiliki moralitas tinggi serta budaya bangsa Indonesia yang berakar dari nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, berjiwa demokratis dan memiliki komitmen terhadap NKRI dalam era globalisasi.
  4. Menciptakan suasana pembelajaran yang demokratis, kondusif sehingga dapat dan memungkinkan bagi para peserta didik untuk tumbuh berkembang daya nalar, kretifitas, serta inovatif.

2. Penelitian

    Menyelenggarakan penelitian untuk menghasilkan pengetahuan emperik, konsep, teori dan metodologi dan model maupun informasi yang bertujuan memperkaya ilmu pengetahuan, teknologi dan daya nalar yang mengacu pada bidang keilmuan dalam lingkup Prodi PPKn.

3. Pengabdian Kepada Masyarakat

    Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk mengamalkan ilmu pengetahuan, teknologi dan daya nalarnya secara melembaga untuk meningkatkan kesejahteraan. Wujud pengabdian dilakukan dalam bentuk penyampaian informasi, konsultasi, bimbingan dan pembelajaran sesuai dengan lingkup kependidikan, hukum dan kemasyarakatan.

 

Tujuan Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

Prodi PPKn STKIP PGRI Trenggalek meyelenggarakan Tri dharma Perguruan Tinggi bertujuan untuk:

  1. Menghasilkan lulusan tenaga Pendidik Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan wawasan keilmuan juga kemampuan mengajar sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika,dan NKRI.
  2. Menyediakan layanan pendidikan, pembelajaran, pelatihan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
  3. Turut serta melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
  4. Melakukan pengembangan dasar-dasar keilmuan yang memungkinkan kegiatan pembelajaran secara berkelanjutan pada bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
  5. Melakukan pengembangan dan kerjasama untuk mensosialisasikan keilmuan kependidikan dan pembelajaran pada bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan serta membangun hubungan kemitraan dengan pihak-pihak terkait.
  6. Mampu menghasilkan lulusan tenaga Pendidik Pendidikan Kewarganegaraan yang dapat berkiprah dan berkarya nyata dalam kehidupan masyarakat sehingga berdampak positif pada pembentukan karakter peserta didik dan berjiwa kebangsaan yang tinggi.